logo - 3

 quote-openMemberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan dan Memelihara Akuntabilitas Melalui Kearsipan
quote-open

      :: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN ::

jam layanan

peta lokasi

kontak kami

Urus Kartu Perpustakaan Kota Medan Siap Dalam Hitungan Menit

Artikel dimuat pada: 05 May 2013, 02:26:00 WIB

gambar_berita

(Analisa/nirwansyah sukartara) BELAJAR DI PERPUSTAKAAN: Dua murid PAUD mendapat bimbingan dari petugas saat berkunjung dan memanfaatkan komputer di ruang layanan anak Kantor Perpustakaan Kota Medan, baru-baru ini.

Medan, (Analisa). Masyarakat menyambut baik sejumlah gebrakan yang dilakukan Kantor Perpustakaan Kota Medan seperti pembuatan kartu berbentuk ATM yang siap hanya dalam hitungan menit. 

“Baru saja kita urus. Isi biodata, langsung foto dan dalam hitungan 3-4 menit sudah siap kartu perpustakannya,” kata Masrul, warga Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (3/5). 

Menurutnya, langkah Kantor Perpustakaan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sangat positif khususnya untuk mendukung peningkatan minat baca. 

“Ya, dengan memberikan pelayanan kartu perpustakaan yang mudah tentunya masyarakat akan senang. Sehingga mereka pun akan mudah untuk meminjam buku-buku yang diinginkan,” katanya.

Kepala Perpustakaan Kota Medan, Drs Januari Pane menyikapi pelayanan prima pembuatan kartu perpustakaan dengan cepat karena saat ini pengunjung perpustakaan kota Medan semakin hari semakin meningkat. 

Selain berkunjung, ternyata mereka juga ingin meminjam buku. “Nah, selama ini saat meminjam mereka kesulitan karena tidak memiliki kartu. Makanya, kita berikan kartu dengan cepat. Masyarakat hanya membawa biodata, langsung difoto dan dalam hitungan menit kartu perpustakaan sudah siap,” katanya. 

Minat Baca 

Januari menambahkan, dalam rangka meningkatkan minat baca, perpustakaan Kota Medan mengagendakan beberapa acara penting yang dilaksanakan baik di Perpustakaan Kota Medan maupun di luar Perpustakaan Kota Medan seperti menghadiri talk show publikasi dan promosi Perpustakaan Kota Medan di salah satu radio swasta. Melakukan supervisi, pembinaan dan stimulasi perpustakaan kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kantor Perpustakaan Kota Medan pada Senin (6/5). 

Selanjutnya, melakukan pembinaan dan pengembangan minat baca bekerjasama dengan IBM Indonesia dan mengadakan berbagai lomba untuk tingkat SD, antara lain, mewarnai, merakit robot, story telling yang menyediakan berbagai hadiah menarik dari IBM Indonesia, Kamis (16/5). 

“Kita juga pada Sabtu-Minggu, (25-26/5) mengikuti Pesta Buku Dharmawangsa 2013 di Gedung Yayasan Pendidikan Dharmawangsa,” kata Januari. 

Dia juga bangga, saat ini banyak pihak yang telah berpartisipasi memajukan Perpustakaan Kota Medan. Antara lain, pada Jumat (3/5) mendapat sumbangan buku dari bagian Humas Pemerintaha Kota Medan 5 eksemplar. 

Buku berjudul “Galeri Foto Dokumentasi Walikota dan dan Wakil Walikota Medan sesuai Motto Pemko Medan "Hari ini Lebih Baik dari Hari Kemarin dan Hari Esok Lebih Cerah dari Hari ini". “Anda dapat menemukan buku kumpulan dokumentasi ini di Kantor Perpustakaan Kota Medan,” kata Januari Pane. Perpustakaan Kota Medan, lanjutnya juga mendapat kunjungan dari pegawai Pemkab Humbahas. “Tujuan kunjungan ini untuk obervasi sekaligus belajar mengenai sistem yang digunakan pada Perpustakaan Kota Medan,” katanya. (maf)