logo - 3

 quote-openMemberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan dan Memelihara Akuntabilitas Melalui Kearsipan
quote-open

      :: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN ::

jam layanan

peta lokasi

kontak kami

Perpustakaan Kota Medan Buka Tiga Kantor Cabang

Artikel dimuat pada: 14 Aug 2013, 06:45:57 WIB

gambar_berita

(Analisa/muhammad arifin). KERJAKAN TUGAS: Desi dan Rana mahasiswi IAIN Sumut bersama sejumlah teman-temannya terlihat serius mengerjakan tugas di Perpustakaan Kota Medan, belum lama ini.

Medan, (Analisa). Perpustakaan Kota Medan tahun 2013 akan membuka tiga kantor cabang di Kecamatan Marelan, Medan Tembung dan Sunggal. 

“Tahun 2013 kita akan membuka tiga kantor cabang perpustakaan. Ketiga kantor ini fungsinya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane kepada wartawan di kantornya, jalan Iskandar Muda Medan,belum lama ini. 

Dia menjelaskan, ide dibuka kantor cabang perpustakaan salah satunya masalah jarak. Standarnya jarak satu perpustakaan itu paling jauh 10 km, dengan waktu tempuh 20 menit. “Dengan membuka kantor cabang bisa mengurangi mobilitas orang datang ke Kantor Perpustakaan kota Medan sehingga orang akan merasa diuntungkan. Bayangkan saja, jika di Marelan untuk meminjam buku ke kantor Perpustakaan Kota Medan. Berapa ongkos, waktu dan biaya makan yang harus dikeluarkan,” katanya.

Januari merinci, tiga kantor cabang yakni di Marelan dipusatkan di Kantor Kelurahan Terjun, di Kecamatan Medan Tembung dipusatkan di kantor Kelurahan Tembung, sedangkan di Medan Sunggal di Kantor Lurah Tanjung Rejo.

Menurutnya, tempat dan fasilitas sudah siap tinggal memasukkan peralatan dengan model sistemnya tidak jauh berbeda dengan di kantor Perpustakaan Kota Medan yakni dilengkapi dengan wifi. Apalagi, katanya di kantor lurah juga ada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga lebih dekat dengan anak-anak.

Dia menambahkan, di Perpustakaan Kota Medan saat ini jumlah pengunjung 200-300 per hari dengan koleksi 49.000 eksamplar dan 16.100 judul buku untuk non fiksi 15.000, sedangkan fiksi 11.000. 

Melalui kantor cabang, lanjut Januari pemesanan buku bisa onlie melalui website; perpustakaan.pemkmedan.go.id dengan syarat pemesan harus menjadi anggota dan sehingga bisa login dan mendapat kode akses .

“Pesan buku juga bisa online dengan membuka katalog buku online dimana buku-buku yang mau dipesan diberi tengat 2x24 jam. Setelah itu jika tidak dipesan akan hilang atau berganti data,” katanya. 

Selain itu, dengan dibukanya kantor cabang juga masyarakat bisa meminjam di kantor cabang dan bisa memulangi ke kantor cabang lainnya atau ke kantor Perpustakaan Kota Medan. Untuk menangani ini, lanjutnya akan didrop buku-buku melalui mobil keliling. 

Alami Peningkatan 

Kunjungan di Kantor Perpustakaan Kota Medan lebih banyak masyarakat umum, per harinya mencapai 200-300 orang. “Kunjungan mengalami peningkatan yang luar biasa, sebelumnya hanya orang-orang baca koran,” katanya. 

Sedangkan layanan buku, mulai pukul 07.45 WIB-19.00 WIB Senin-Jumat, Sabtu-Minggu pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Saat ini anggota perpustakaan mencapai 2000 lebih.

Sementara sejumlah pengunjung Perpustakaan Kota Medan mengaku saat ini Perpustakaan Kota Medan sudah sangat maju. Bahkan, saat ini sudah nyaman sehingga pengunjung betah untuk beraktivitas di perpustakaan Kota Medan. Misalnya mengerjakan tugas-tugas kuliah maupun mengakses informasi melalui internet.

Desi dan Rana mahasiswi IAIN Sumut mengaku senang di Perpustakaan Kota Medan selain fasilitasnya lengkap ruangannya juga nyaman. (maf)